Pengertian dan Perbedaan Data dan Informasi

Saat belajar tentang basis data, banyak orang salah kaprah bahkan belum bisa membedakan apa itu data dan apa itu informasi. berikut m2mexacta akan menjelaskan perbedaan data dan informasi

Data

        Data merupakan representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia, hewan, barang, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya. (Fathansyah, 1999)
bisa dikatakan data adalah angka, huruf, karakter, simbol, teks, kata-kata ataupun lainnya yang belum diolah.  

Informasi

    Informasi merupakan rangkaian data yang mempunyai sifat sementara, tergantung waktu yang mampu memberi kejutan pada penerima. (Fathansyah, 1999). Burch & Grudnitski (1989 : 6) menyebutkan adanya 3 (tiga) pilar utama yang menentukan kualitas informasi, yaitu: akurat, tepat waktu dan relevan.
    Syarat informasi yang baik adalah informasi tersebut berguna bagi orang yang akan memanfaatkannya, informasi tersebut akurat, tepat waktu, relevan atau tepat guna, konsisten yang berarti tidak mengandung kontradiksi (ambigu) yang menyebabkan pengguna informasi tersebut bingung karena informasi juga berguna dalam pengambilan keputusan.

contoh perbedaan antara data dan informasi:
1. Aku
2. Makan
3. Nasi
nah, kata di atas adalah contoh dari data. data 1: aku, data 2: makan. data 3: nasi
ketika data diolah menjadi informasi, maka data tersebut bisa menjadi "Aku makan Nasi" 
informasi tidak mesti saja merukan fakta yang benar. bisa saja fakta tersebut salah. karna dari data di atas bisa saja menjadi informasi "Nasi makan aku"
hahaha, itu juga merupakan informasi kan?? :v
nah sudah jelas kan apa itu data dan informasi?? :)