Memori Konduktor, sejarah dan perkembangan

Memori computer merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.Memori juga di artikan sebagai perangkat yang amat penting dalam sistem berbasis mikroprosesor, mikrokontroller, maupun PC.Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU.

Memori Semikonduktor
Memori semikonduktor tersedia dalam rentang kecepatan yang luas. Waktu siklusnya  berada  pada  rentang  100ns  hingga  kurang  dari  10ns.  Pada  saat  diperkenalkan  pertama  kali pada akhir tahun 1960­an, memori tersebut lebih mahal daripada memori inti magnetik. Karena  perkembangan  teknologi VLSI  (Very Large Scale  Integration)  yang  sangat  cepat,  biaya  memori  semikonduktor  telah  menurun secara  drastis.  Akibatnya,  teknologi  tersebut  sekarang  digunakan  secara  eksklusif  dalam menerapkan memori.

Sejarah
            Dengan ditemukan teknologi semikonduktur, maka perkembangan memory mengalami peningkatan yang cukup cepat. Baik dari segi kapasitas, kecepatan dan pengurangan ukuran. Perkembangan teknologi semikonduktor telah sampai pada teknologi VLSI (Very Large Scale Integration) yakni peletakan sejumlah besar sirkuit ke dalam sebuah chip. Kapasitas tiap chip dapat mencapai 64 kb sampai 256 kb.
Teknologi yang digunakan pada semikonduktor storage adalah metal-oxide semikonduktor (MOS). Semikonduktor storage bersifat volatile. Dalam perkembangannya teknologi semikonduktor ini akan dijadikan bahan utama main memory pada saat ini.

Perkembangan Teknologi Memori Semikonduktor

Memory semikonduktor pada komputer dibedakan menjadi dua yakni ROM dan RAM. Keduanya dibedakan berdasarkan sifat utamanya, ROM adalah memory yang hanya dapat ditulisi atau diprogram menggunakan device tertentu selain peralatan utama komputer. Sedangkan RAM adalah memory yang dapat dibaca ditulisi dalam proses pengaksesannya serta cara pengaksesannya dilakukan secara acak (random). ROM biasanya digunakan sebagai BIOS pada sistem komputer. Dan RAM sering disebut sebagai memory utama dari komputer (main memory).