Alan Turing, ilmuan homo penemu kecerdasan buatan

Alan Turing lahir di london, inggris pada tanggal 23 juni tahun 1992. Ia bersekolah di sekolah tradisional yang didominasi oleh sistem imperialis Inggris, sejak masa kecilnya ia tertarik pada ilmu pengetahuan alam. Alan Turing yang memliki nama asli Alan Mathison Turing ini adalah seorang matematikawan, logikawan, ilmuwan computer serta kriptanalist atau disebut juga dengan ahli kriptografi.

Ilmuwan yang mengaku homo ini memliki pengaruh yang sangat besar dalam pengembangan ilmu komputer, merumuskan konsep algoritma dan komputasi. Lulusan terbaik Universitas Cambridge, King’s College ini dikenal sebagai bapak Kecerdasan Buatan karena ia adalah penemu kecerdasan buatan.

Alan tuirng banyak berjasa pada perang dunia ke 2. Di sini ia memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma milik NAZI, Jerman. Enigma adalah mesin dengan 159 juta milyar trilyun kemungkinan pengaturan kode yang tidak mungkin ditembus. Enigma ini menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu. Alan Turing memimpin sebuah tim yang merancang sebuah mesin berbasis komputer dengan kecerdasan buatan yang berhasil menterjemahkan pesan Jerman. Karena pencapaian ini, Inggris berhasil memukul mundur serangan militier NAZI  Adolf Hitler.
"Mesin yang indah, yang bukan hanya bisa memanipulasi angka-angka, tetapi juga mampu menciptakan musik dan mengolah kata," 
Pada tahun 1952, Turing ditangkap dan diadili atas tindak pidana homoseksualitas. Untuk menghindari hukuman penjara, ia menerima suntikan estrogen selama setahun untuk menetralkan libido seksnya. Akibat itu, Alan Turing kehilangan pekerjaannya. Alan Turing meninggal di bulan kelahirannya, 7 Juni 1954. Diduga kematiannya akibat memakan Apel yang mengandung racun sianida. Penyelidikan menyebutkan bahwa Alan Turing bunuh diri, ibunya dan beberapa orang lain percaya bahwa kematiannya adalah sebuah kecelakaan.