Contoh Penerapan Smart City

Contoh Penerapan Smart City (img: www.imexsystems.com)
Contoh Penerapan Smart City - Smart city adalah sebuah konsep kota cerdas atau pintar yang berfungsi membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya ataupun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

New South Wales merupakan salah satu negara bagian Australia di mana pemerintahannya mengembangkan Smart City yang salah satunya yaitu bidang e-Government. Tujuan e-Government ini yaitu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Masyarakat secara cepat, aman dan mudah. Mempermudah berbagai perizinan di sektor bisnis, pembayaran pajak, listrik, dan semua bidang yang berhubungan dengan pemerintah. Selain itu, dengan e-Government ini bisa membuat staff dan pegawai pemerintahan bisa melakukan proses kerja dari mana saja secara efisien dan produktif. 

PERMASALAHAN

Permasalahannya adalah:
  1. Masyarakat perlu datang secara langsung ke kantor atau departemen pemerintahan ketika berurusan dengan permasalahan di bidang pemerintahan. Contohnya ketika akan membayar listrik, masyarakat harus mendatangi kantor tempat pembayaran, menunggu antrian dan banyak resiko lainnya.
  2. Tidak adanya penyediaan serta transparasi informasi secara lengkap dan bertanggung jawab. 
  3. Tidak adanya layanan pemerintah yang disediakan oleh berbagai departemen dan badan pemerintahan bisa diakses dan didapatkan secara aman dan mudah di internet.
  4. Kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengakses sistem sehingga fungsi portal kurang maksimal

SOLUSI

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintahan New South Wales melakukan langkah strategis dengan membuat rancangan blue print untuk pengembangan teknologi dan informasi di seluruh penjuru kota. Contoh penerapan e-Government pada Negara tersebut adalah peluncuran portal online (www.nsw.gov.au) sebagai pusat informasi dan sebagai pintu masuk masyarakat dalam mengakses pelayanan online dari badan-badan departemen pemerintah. Portal atau sistem informasi ini merupakan portal yang sangat lengkap untuk berbagai kalangan, mulai dari masyarakat, pebisnis, hingga kalangan turis yang ingin melihat dan berkunjung. Portal ini ditata dengan sangat baik, usability, sehingga memudahkan pengunjung mendapatkan informasi dan layanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
Hal lain yang diperhatikan untuk mendukung portal online tersebut adalah dengan menggalakkan pembangunan infrastruktur dan jaringan. Sekarang ini semua sekolah di New South Wales sudah mempunyai akses internet. Pemerintah mengajarkan penggunaan internet sejak usia dini. Akses internet juga tersedia bagi masyarakat umum di berbagai tempat sehingga mudah diakses.
Setelah infrastruktur dan jaringan sudah baik, selanjutnya pemerintah melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana mengakses portal online tersebut sehingga nantinya portal online berfungsi maksimal.
Untuk perkembangan e-Government, pada bidang keseharan pemerintah membuat e-Health, yaitu sistem informasi kesehatan yang cukup canggih baik bagi masyarakat mapupun kalangan cendikiawan. E-Health ini memiliki fitur telemedicine yang memungkinkan dialog dan diskusi jarak jauh dengan berbagai ahli atau pakar dalam penanganan kasus atau perkara tertentu. E-Health ini juga tersedia fasilitas untuk melihat data dan kondisi pasien melalui sistem informasi kesehatan tersebut.
Dari segi hukum, sekarang ini di New South Wales terdapat fasilitas investigasi online melalui internet sehingga investigasi perkara bisa terintegrasi antara lembaga hokum daerah dan pusat. Selain itu, keputusan-keputusan pada pengadilan bisa diakses secara online melalui sistem informasi hukum dan pengadilan
Pemerintah juga mendirikan pusat riset Smart Internet Technology untuk mempersiapkan dan antipasti kemajuan dan perkembangan teknologi internet yang sangat pesat.

Demikianlah sekilas tentang contoh penerapan smart city, semoga bermanfaat bagi sobat semua. :)