Ini Dia Doa Buka Puasa Yang Benar

Assalamualaikum sahabat budiman..
Sebagian besar kita pasti sudah seringkali mendengar dan bahkan doa ini masih sering kita baca saat akan berbuka puasa. yaitu Allahumma laka shumtu wabika amantu... benar kan? ternyata selama ini doa buka puasa tersebut salah. Doa tersebut berasal dari sebuah hadist yang dhaoif (lemah derajat nya).

للهم لك صمت و بك أمنت و على رزقك أفطرت برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin
“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dengan rizqi-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mua, wahai Dzat yang Maha Penyayang”.

seperti dikutip dari web muslim.or.id, tidak kita temukan lafal demikian pada kitab kitab hadist. Namun memang ada beberapa hadits doa berbuka puasa yang mirip dengan lafal di atas. untuk lebih lanjut mengenai keterangan hadist yang dhoif tersebut, silahkan cek di muslim.or.id.

nah, jadi manakah doa berbuka puasa yang baik dan benar?
Adapun doa berbuka puasa  yang benar yang bisa diamalkan adalah hadits Ibnu Umar radhiallahu’anhu

«ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaallah

Artinya:  Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insyaallah

perawi hadist dan perawi nya lengkap di bawah ini..


كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: «ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ»

 “Biasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam jika berbuka beliau berdoa, (telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insyaallah)’” (H.R. Al-Bazzar dalam Musnad-nya [5395], An-Nasa’i dalam Sunan Al-Kubra [3315], Ath-Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir [14097], Ad-Daruquthni dalam Sunan-nya [279], Al-Hakim dalam Mustadrak-nya [1536]).

Hadits ini derajatnya hasan (baik dan benar),

Wallahu ta’ala a’lam. silahkan share kepada orang yang anda cintai :)


Newest