Jejaring sosial SalingSapa sebagai Sarana bersilaturahmi (2)


2.1.1        Fitur-Fitur SalingSapa
Pada dasarnya, fitur-fitur SalingSapa sama dengan Facebook. Hanya beberapa tambahan fitur khusus yang bernuansa islami yang menjadi ciri khas situs jejaring sosial SalingSapa.
1.      Blog (Blogs): Seperti blog pada umumnya, fitur blog di sini disediakan oleh admin sebagai tempat bagi member untuk menulis dan berbagi ceita apa pun, khusunya hal-hal yang bernuansa islami.

2.      Ceramah (Music): Fitur yang berisi lagu-lagu yang di posting atau diunggah pengguna.
3.      Al-Qur’an: Tampilan ayat-ayat Al-Qur’an berformat .pdf yang dapat berguna sebagai mobile Qur’an, dan dapat digunakan oleh pengguna untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan lebih mudah. Aplikasi ini merupakan salah satu fitur yang paling popular dan paling banyak dikunjungi orang.
4.      Khazanah: Fitur yang berisi rekaman ceramah para ulama terkemuka.
5.      Radio SalingSapa: Merupakan aplikasi semacam radio streaming yang dengannya kita bisa mendengarkan siaran radio secara langsung.
6.      Live Streaming: Berisi ceramah-ceramah dari tempat-tempat tertentu.
7.      Live Masjidil Haram: Berisi liputan langsung dari Masjidil Haram

2.2  Kelebihan dan Kekurangan SalingSapa
Kelebihan SalingSapa ini menurut pendapat penulis adalah:
1.      Fitur-fitur yang bernuansa Islami, menjadi nilai lebih bagi jejaring sosial ini.
2.      Sebagai penyambung silaturahmi bagi kepentingan umat muslim dan lainnya, serta dapat menerima informasi ataupun ajaran agama yang telah disediakan dalam fitur-fitur SalingSapa yang berbasis Islami tersebut.
Kekurangan dalam media sosial ini tidak terlepas dengan penggunaan komunitas script Jcow, sebuah penyedia paket CMS yang digunakan untuk membuat jejaring sosial dengan gratis.
1.      kemampuan server untuk menampung banyaknya data masih dianggap belum cukup kuat sehingga terkadang mengakibatkan loading situs lama, bahkan down atau tidak bisa diakses. 
2.      Dalam hal penggunaan Jcow, Database sering error. Jcow CMS menampung semua data melalui query Database. Semakin banyak pengakses Jcow maka server akan lambat dan akan membuat database sering error.
3.      Untuk fitur andalan seperti Versi mobile, Group, Page harus membeli Jcow SCript Profesional atau membeli satu-satu script tersebut.

source: makalah PTIK gue. :)