Pengertian SSL (Secure Sockets Layer) dan contohnya

Pengertian SSL (Secure  Sockets  Layer) dan contohnya
SSL (Secure  Sockets  Layer) adalah sebuah metode enkripsi yang dikembangkan oleh Netscape untuk memberikan keamanan di Internet. SSL mendukung  beberapa  protokol  enkripsi  dan  memberikan  autentikasi  client  dan server. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain. Keamanan dijamin dengan menggunakan kombinasi dari kiptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat. Sebuah sertifikat adalah sebuah kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandardisasi. Data tersebut digunakan dalam proses verifikasi identitas dari sebuah entitas (contohnya sebuah web server) pada internet. SSL beroperasi pada layer transpor, menciptakan saluran enkripsi yang aman untuk data, dan dapat  mengenkripsi  banyak tipe data.
Situs yang tidak menggunakan sertifikasi SSL dapat diketahui ketika membuka halaman web situs tersebut misalnya terdapat “Certificate Error: Navigation Blocked” pada browser Internet Explorer atau “This Connection is Untrusted” pada browser Mozilla Firefox. 

Contoh Implementasinya, penggunaan HTTPS yaitu pada Twitter dan Facebook. Jika dilihat pada url facebook, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
contoh SSL (Secure  Sockets  Layer) pada facebook
Pada laman url tersebut terdapat ikon gembok bewarna hijau yang menandakan situs tersebut menggunakan SSL. HTTP dengan penambahan SLL sehingga menjadi HTTPS.