#NgobrolBloggerPKU : SAKUKU, Dompet Digital Masa Kini

M2mExacta РKamis, 17 November 2016, saya menghadiri sebuah acara gathering para blogger yang ada dipekanbaru di Antica Caf̩. Acara ini diadakan oleh B Blog dan diSponsori oleh BCA. Datang jam 06.15 Pm, saya langung registrasi, kemudian masuk kedalam ruangan yang langsung disuguhi music acoustic. Sebelum acara dimulai, kita disuguhi bermacam-macam makanan ala Antica Caf̩. Kenyang daaah :D


@KulinerPKU, Manjakan Sedapers dengan Review Makanan Lezat

Acara Gathering dan sharing Blogger Pekanbaru pun dimulai. Sharing pertama disampaikan oleh Mas Hendra, salah satu pemain akun Instagram terbesar di Pekanbaru. Adalah @kulinerPKU, akun yang berbasis di sosial media Instagram. @KulinerPKU memamerkan sedapers (Sebutan follower @kulinerPKU) pada hal yang bertemakan makanan-makanan yang ada di pekanbaru.  Woww!! Dijamin pasti pada ngiler deh kalau buka akun instagram @kulinerPku ini.
Mas Hendra kemudian menceritakan bagaimana awal berdirinya akun instagram dengan follower 89K tersebut hingga bisa sukses seperti sekarang. Dijelaskan tentang bagaimana cara mengambil foto dengan baik serta me-review nya, agar sedapers makin tertarik.  “Untuk mendapatkan foto makanan dengan baik, diperlukan sejumlah alat untuk foto. Saya menggunakan camera Canon eosm10 dan tripod. Penggunaan tripod sangat penting supaya hasil foto tidak goyang” Jelas Mas hendra. “Tips mengambil gambar makanan, usahakan dekat dengan jendela (saat siang hari) atau dekat dengan lampu (saat malam hari). Hindari blakclight kamera HP dan Close Up lebih baik” sambungnya.

Keuntungan dari instagram @KulinerPKU

Mas Hendra Alya blak-blak an ketika ditanya apa untungnya punya akun @KulinerPKU. “Dari akun @KulinerPKU, kami bisa mencapai profit sekitar 10-15 juta perbulan” terangnya. Profit bisa didapat dari sponsor, atau tempat makanan yang ingin di-review¬nya.  Waaah, kereen ya..

Inovasi kece dari BCA: SAKUKU, Dompet Digital

Agenda selanjutnya adalah sharing dari BCA. Sicantik bernama Analiza sebagai perwakilan BCA mulai bersuara, menceritakan tentang inovasi terbaru dari BCA. Di zaman sekarang ini, kita tak bisa lepas dari kemajuan teknologi, salah satunya  internet dalam smartphone gays. “Anak zaman sekarang ini kalau saya lihat, Handphone itu gak bisa lagi terpisahkan. Kemana-mana selalu saja bawa handphone” Tutur mbak Ana. Memang, smartphone benda wajib yang harus selalu ada di mana pun kita beraktivitas. Kebayang gak, kalau sampai HP ketinggalan di rumah? ketika harus menunggu antrian, pesanan makanan, atau lagi badmood, tanpa HP bisa dipastikan kita akan mati gaya, suntuk, dan bosan. Ada aja yang tidak lengkap ketika gak bawa HP. “Lebih baik ketinggalan dompet, daripada ketinggalan HP,” begitulah istilah kebanyakan orang. 
Tapi??? apakah benar lebih baik tertinggal dompet daripada hp. Emang “Tanpa Uang” bagaimana mau jajan atau belanja? Apa mesti ngutang dulu sama temen? Atau jadiin HP sebagai jaminan utangnya? Wah jangan sampai dong?!! :D
Dari masalah tersebut, muncul-lah inovasi baru dari BCA, SAKUKU namanya. Sakuku merupakan aplikasi dompet digital, berupa uang elektonik yang di bungkus dalam sebuah aplikasi smartphone. “Jadi, duit kita disimpan di sebuah aplikasi, Sakuku” jelas mbak analiza. Sama halnya seperti dompet, Sakuku bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan seperti transaksi belanja di toko fisik (Offline) maupun toko Online, transfer uang, isi ulang pulsa hingga bayar tagihan.

Keamanan Dompet Digital, Sakuku

Dalam segi keamanan, Sakuku menggunakan nomor handphone sebagai nomor kartu dan verifikasi Pin 6 digit untuk mengakses aplikasi dan validasi transaksi. Sakuku ini mudah, hanya download aplikasi “Sakuku”, kamu sudah memiliki dompet eletronik. Kemudian juga praktis, serta gratis, tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
Lalu bagaimana jika kamu lupa pin Sakuku? Mudah! Cukup hapus aplikasi Sakuku, Kemudian mengunduh aplikasi Sakuku serta registrasi kembali sesuai data diri dan nomor HP yang sama. Sakuku kamu akan kembali sedia kala.
Juga tidak perlu khawatir jika smartphone yang sudah menjadi dompet digital kita hilang atau kecurian. Kita bisa melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan Halo BCA untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila ingin menggunakan Sakuku kembali, pengguna dengan no handphone yang sama dapat kembali didownload dan diregistrasi ulang dengan data diri yang sebelumnya. Jangan khawatir! Stay woles!! :D uang kamu tetap aman di Sakuku, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN Sakuku mu.


Cara Mendapatkan Sakuku

Untuk mendapatkan sakuku cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:
1. Pastikan kamu memiliki smartphone Android (OS 4.0 ke atas) atau iPhone (iOS 7.1 ke atas)
2. Download aplikasi Sakuku yang tersedia di Google Play atau App Store
3. Lengkapi data diri (nama, tanggal lahir, dan alamat email. Kemudian membuat PIN Sakuku (6 digit numerik). Setelah aktif, kamu pun sudah bisa menggunakan berbagai layanan Sakuku dari BCA. Pembukaan rekening hanya dikenakan biaya kirim 1x SMS (Rp 250 atau Rp 350 tergantung operator)
4. Setelah Sakuku aktif, kamu bisa langsung Top Up/Cash In Sakuku dengan maksimum saldo Rp 1.000.000
5. Setelah aktivasi ke Sakuku Plus, saldo maksimum kamu akan bertambah menjadi Rp 10.000.000

Cara Top Up atau Mengisi Saldo Sakuku

1. Melalui ATM BCA
Kita bisa mengisi saldo Sakuku melalui ATM BCA. Pilih menu transaksi lainya, pilih menu transfer Kemudian pilih Transfer ke Sakuku. Masukan nomor Sakuku dan nominal saldo yang akan ditransfer. Finish!!!
2. Melalui Klik BCA Individu
Pilih menu transfer Dana, lalu pilih transfer ke Sakuku. Kemudian masukan nomor Sakuku dan nominal transfer. Selanjutnya kirim.
3. Melalui M-BCA di BCA Mobile
Pada menu m-Transfer, pilih Transfer Sakuku. Masukan nomor Sakuku dan nominal dan saldo Sakuku kamu akan bertambah.

Bertransaksi Menggunakan Sakuku

Keunggulan aplikasi Sakuku BCA adalah penggunaan teknologi QR Code sebagai metode pembayaran di merchant fisik/toko maupun online. Setelah kasir memilih pembayaran menggunakan Sakuku dan memasukan nominal pembayaran pada mesin EDC BCA, mesin EDC BCA di merchant fisik/toko akan mencetak struk dalam bentuk QR Code. Untuk membayar, cukup buka aplikasi 'Sakuku', pilih Menu Bayar Belanja, lalu scan QR Code yang ada di struk.
Konfirmasi pembayaran akan muncul di layar aplikasi smartphone Sakuku, jika sudah dipastikan benar, kamu harus memasukkan PIN Sakuku dan transaksi pun selesai. Saldo di Sakuku akan berkurang sesuai jumlah pembayaran. Begitu juga halnya jika kita bertransaksi di merchant online/website.
Pada fitur beli pulsa, kamu bisa mengisi pulsa untuk nomor pribadi dan orang lain. Uniknya, di Sakuku terdapat fitur Permintaan Isi Pulsa. Kamu bisa mengirim permintaan isi pulsa ke orang yang ada di daftar Contact ponsel dan sudah meng-install Sakuku.

Fitur-Fitur Pada Sakuku

Info Saldo : Menu yang digunakan untuk mengecek saldo yang masih tersisa.
Mutasi Transaksi : Bermacam-macam transaksi bisa kita lihat di menu ini
Bayar Belanja : Fitur ini berguna untuk membayar transaksi yang tersedia pada merchant sakuku dan beberapa situs online shop.
Isi Pulsa : Dengan fitur ini, kita bisa isi pulsa sendiri atau mengisi pulsa teman. Bahkan bisa minta isi pulsa ke teman Sakuku di sini.
Kontak : Di fitur kontak ini kita bisa melihat siapa saja teman-teman yang menggunakan Sakuku
Setting : Menu Setting berfungsi untuk mengubah profil Sakuku, cover picture, PIN, mengaktifkan fitur permintaan, melihat info Sakuku, dan melakukan aktivasi Sakuku Plus.

SAKUKU PLUS

Kita bisa mengupgrade Sakuku biasa menjadi Sakuku Plus. Apa kelebihannya? Ada fitur Sakuku yang tidak ada pada sakuku biasa. Berikut fitur istimewa pada Sakuku Plus.

Transfer : Kita bisa transfer uang atau minta transfer ke teman yang memiliki Sakuku. Dengan minimal transfer Rp 5.000, teman yang diminta atau meminta transfer harus lebih dulu mengaktifkan Sakuku Plus.
Split Bill : Dengan fitur ini kita bisa berbagi tagihan sama teman. Pokoknya bayar apa saja bisa dibagi rata. Fitur ini bisa berbagi tagihan ke maksimal 9 orang teman yang juga sudah mengaktifkan Sakuku Plus.
Tarik Tunai di ATM : Jika sudah mengaktifkan Sakuku Plus, kita bisa menarik uang tunai kelipatan Rp 50.000 dengan maksimal penarikan Rp 1.250.000. Penarikan uang bisa dilakukan pada ATM BCA yang ada tulisan Sakuku nya.

Cara Aktivasi Sakuku Plus

1. Penawaran otomatis bagi pengguna m-BCA
Khusus pengguna dengan nomor handphone yang sama antara Sakuku dan m-BCA, serta aktif bertransaksi minimal dalam 1 bulan terakhir, saat login pertama kali akan ditawarkan untuk melakukan peningkatan layanan menjadi Sakuku Plus.
2. Menu Aktivasi Sakuku Plus
Bagi pengguna yang memiliki kartu Paspor/ATM BCA dapat mengakses menu Setting/Aktivasi Sakuku atau dengan memilih menu SplitBill/Transfer/Tarik Tunai pada aplikasi Sakuku, maka akan ditawarkan untuk melakukan aktivasi Sakuku Plus.
3. Datang ke Cabang
Bagi nasabah lainnya maupun non nasabah, kamu bisa datang ke cabang BCA terdekat.

Merchant Sakuku

Berikut adalah merchant Sakuku. Kita bisa bertransaksi menggunakan sakuku pada took merchant dibawah ini:


Waah, benar-benar inovasi keren ya dari BCA. Pas banget dengan gaya anak muda kebanyakan sekarang. Ayo Gays!! Tunggu apalagi. Manfaatkan HP canggih buat kemudahan anda Bertransaksi dengan SAKUKU!! ^_^